• (0536) 3235336
  • pupr@kalteng.go.id
  • Jl. S. Parman No. 3 Palangka Raya

Menteri PUPR Tinjau Infrastruktur di 3 Lokasi Program Food Estate Kab Kapuas

  • 2020-06-13 17:46:00
  • Administrator
  • 354 Kali Dibaca
  • Berita

MMCKalteng - Palangka Raya - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI) Basuki Hadimuljono didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Sekda Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri, Kepala Dinas PUPR Prov. Kalteng H. Shalahuddin dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Kalteng Rivianus Syahril Tarigan, melanjutkan rangkaian kunjungan kerja (Kunker) dengan melakukan peninjauan area lokasi program Food Estate yang berada Desa Muara Dadahup, Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten (Kab) Kapuas, Sabtu (13/06/2020).

Kunjungan Menteri PUPR dalam rangka melakukan peninjauan infrastruktur meliputi jalan, irigasi dan tata ruang serta melihat secara langsung kondisi lahan yang akan dijadikan Food Estate.

(Baca Juga : Rapat Koordinasi Pembukaan Jalan Menuju Desa Sebuai, Pemerintah Kecamatan Arsel Undang Dinas PUPR Kobar)

Sebelum meninjau lokasi persawahan baru di Desa Muara Dadahup, Menteri PUPR beserta rombongan terlebih dahulu mengunjungi lokasi lahan sawah baru "Food Estate" yang berada di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kab. Kapuas.

Kunker Menteri PUPR beserta rombongan juga didampingi Bupati Kapuas Ben Brahim S. Bahat, Unsur Forkopimda serta Kepala Perangkat Daerah terkait.

Seperti yang telah diungkapkan Basuki Hadimuljono bahwa, ia ingin melihat secara langsung kondisi lahan yang akan dijadikan Food Estate, yang memiliki luas 164.000 hektar berada di wilayah Kapuas dan Pulang Pisau.

Basuki juga menuturkan bahwa, ia juga ingin melihat secara langsung lokasi sawah yang sudah dibuka dan yang belum dibuka. Dari luas 164.000 hektar yang akan dijadikan lahan sawah baru, seluas 85.000 hektar yang sudah dibuka dan sisanya 79.000 hektar yang belum dibuka.

Disampaikan juga oleh Menteri PUPR bahwa Pemerintah Pusat saat ini memfokuskan pengembangan Food Estate yang berada di Kab. Pulang Pisau dan Kab. Kapuas untuk mendukung ketahanan pangan Nasional.

Usai meninjau lokasi Food Estate di Desa Muara Dadahup, Menteri PUPR, Sekda Prov. Kalteng dan rombongan melanjutkan peninjauan di lokasi Food Estate yang berada di Desa Tamban Catur, Kecamatan Kapuas Timur, Kab. Kapuas.

Sebelum bertolak ke Kota Palangka Raya, Menteri Basuki Hadimuljono melakukan diskusi dan sosialisasi terkait program Food Estate kepada masyarakat di Desa Handil Prawira, Kecamatan Anjir Serapat Timur.(Foto:MMCKalteng)