• (0536) 3235336
  • pupr@kalteng.go.id
  • Jl. S. Parman No. 3 Palangka Raya

Hari Bakti ke- 72 PUPR : Penanaman dan Penghijauan 2000 Pohon di Kalteng

  • 2017-11-28 13:00:00
  • Administrator
  • 491 Kali Dibaca
  • Berita

MMCKalteng- Penanaman dan Penghijauan 2000 pohon  merupakan kegiatan hari kedua  yang dilaksanakan pada  Gerakan Peduli Mitigaasi Lingkungan dalam  rangka Hari Bakti PUPR yang ke- 72 yang serentak dilaksanakan pada hari ini Selasa (28/11) diseluruh Kabupaten/kota se Indonesia. Kegiatan ini juga dilaksanakan di kota Palangka Raya yang  diadakan di kelurahan Kameloh Baru, kecamatan Sabangau yang secara simbolis dilakukan penanaman pohon untuk provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam kegiatan ini dihadiri juga oleh perwakilan dari Bapak Direktur Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan Kementrian PUPR, Darmawanita Persatuan Kementrian PUPR, Asisten II kota Palangka Raya, Perwakilan sekolah, masyarakat, Lurah Kameloh Baru, komunitas pecinta lingkungan, Komunitas briker Palangka Raya, komunitas peduli kemanusiaan, Kepala sekolah SMAN 8 Palangka Raya, dan SDN 1 Kalampangan.

(Baca Juga : Menteri PUPR Tinjau Infrastruktur di 3 Lokasi Program Food Estate Kab Kapuas)

Adapun Jenis Bibit tanaman yang ditanam yaitu berupa tanaman pohon-pohon kayu, dan buah-buahan seperti salah satunya  buah rambutan, lengkeng, sukun, mangga  yang disesuaikan dengan situasi tanah dan iklim setempat. Diharapkan pohon tanaman yang ditanam dapat memberikan nilai  ekonomi bagi masyarakat dan melestarikan jenis pohon buah-buahan asli Indonesia. Jumlah bibit yang ditanam di Provinsi Kalimantan Tengah berjumlah 2000 pohon.  Penanaman yang dilakukan di Kalimantan Tengah yaitu di Bendung Tampa Kab. Barito Timur sebanyak 50 pohon, Bendung Karau  Kab. Barito Timur 125 pohon,  Kab.Kotawaringin Barat 100 pohon, Kab. Barito Utara 150 pohon, Kanal blocking Desa Garong, Desa Jabiren dan desa Buntoi kab. Pulang Pisau 200 pohon, air baku Sampit Kab. Kotawaringin Timur 125 pohon, air baku Kuala Kurun Kab. Gunung Mas 25 pohon, dan 16 komunitas di Palangka Raya sebanyak 1.125 pohon.

Penanaman dan penghijauan melalui penanaman 2000 pohon ini merupakan upaya pemerintah dalam menyelamatkan lingkungan hidup, menjaga keseragaman hayati, menghemat dan menumbuhkan mata air yang baru, serta menyediakan oksigen bagi kehidupan yang lebih baik  di Kalimantan Tengah. (Yuwe/Foto: Yuwe)