Bimbingan Teknis Pengadaan Barang dan/Jasa Pemerintah

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang / Berita  / Bimbingan Teknis Pengadaan Barang dan/Jasa Pemerintah

Bimbingan Teknis Pengadaan Barang dan/Jasa Pemerintah

Senin, 18 Maret 2019 telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengadaan Barang dan/Jasa Pemerintah dilaksanakan di Hotel Luwansa dibuka oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, H. Shalahuddin, ST., MT. Dalam sambutannya disampaikan bahwa kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk kepentingan pemerintah merupakan salah satu alat untuk menggerakkan roda perekonomian, oleh karenanya penyerapan anggaran melalui pengadaan barang dan jasa ini menjadi sangat penting. Namun tidak kalah penting dari itu adalah urgensi pelaksanaan pengadaan yang efektif dan efisien serta ekonomis untuk mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan anggaran.

Telah banyak sorotan diarahkan pada berbagai masalah di seputar pengadaan barang dan jasa untuk kepentingan pemerintah, antara lain karena banyaknya penyimpangan dalam perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasannya. Secara normative, prinsip pengadaan barang dan jasa menurut pasal 3 kepres nomor 80 tahun 2003 tentang pedoman pelaksanaan barang/jasa pemerintah adalah efisien, efektif, terbuka, bersaing, transparan dan adil/tidak diskriminatif serta akuntabel.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh bidang jasa konstruksi dinas pekerjaan umum dan penataan ruang provinsi kalimantan tengah untuk mewujudkan komitmen itu adalah melalui ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari dengan diikuti sebanyak 75 peserta dari pemerintah dan swasta.

 

Post Tags:

LEAVE A COMMENT