Jembatan Bahalang Bangkuang

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang / Berita  / Jembatan Bahalang Bangkuang

Jembatan Bahalang Bangkuang

Pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan mengenai pembangunan / rekonstuksi infrastruktur yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah yaitu salah satunya Jembatan Bahalang Bangkuang. Jambatan Bahalang Bangkuang merupakan jembatan yg menghubungkan Bangkuang (Ibu Kota Kecamatan Karau Kuala) Kabupaten Barito Selatan dengan Desa Siong, Kecamatan Pajo Epat Kabupaten Barito Timur.

Kondisi awal Jembatan Bahalang Bangkuang merupakan tipe jambatan kayu dengan lebar jembatan yang minim sehingga memiliki kekurangan yang yaitu keterbatasan dalam menahan beban-beban kendaran dengan tonase besar dan keterbatasan jumlah kendaran yang melintasi di waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan nilai guna konstruksi Jembatan tersebut, Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Tengah telah mendesain ulang (Rekonstruksi) Jembatan Bahalang Bangkuang dengan menggunakan tipe Jembatan Pileslab. Jembatan Pileslab didesain dengan panjang 59,5 meter dan lebar 9 meter serta menggunakan jenis pondasi tiang pancang berdiameter 500 milimeter.

Dengan demikian, adanya rekonstruksi Jembatan Bahalang Bangkuang diharapkan dapat meningkatkan akses dan kelancaran lalu lintas sebagai penyeberangan dan penghubung antar desa dan kecamatan disekitar Jembatan tersebut.

LEAVE A COMMENT